Manfaat Collagen Bagi Tubuh

Apa anda cukup familier dengan istilah collagen? Mungkin sebagian dari anda pernah mendengarnya namun tidak cukup yakin apa itu. Beberapa dari anda malah mungkin baru mendengar tentang collagen untuk pertama kalinya. Sebenarnya apa sih collagen itu?

Collagen merupakan protein yang terdapat di dalam tubuh dan berfungsi sebagai pelekat bagian-bagian tubuh. Jika collagen ini kadarnya berkurang di dalam tubuh, maka akan menyebabkan penuaan dini, keriput pada kulit dan lain-lain. Collagen memiliki beberapa manfaat yang sangat penting pada bagian-bagian tubuh, diantaranya yaitu:

  1. Mempertahankan Kekuatan Otot

Otot merupakan organ yang setiap hari bekerja untuk berat maupun ringan. Oleh karena itu ketahanan otot akan lebih cepat menurun dan rusak. Collagen dapat memperkuat otot tubuh baik otot polos maupun otot rangka. Collagen mampu membuat serat pada otot sehingga otot menjadi lebih kuat pada saat digunakan untuk beraktivitas.

  1. Mengencangkan Kulit

Kulit tersusun atas jaringan-jaringan dan collagen yang bersinergi menjadi kulit yang sehat. Kekurangan collagen menyebabkan kulit nampak kendor dan keriput. Oleh karena itu, collagen berperan penting dalam menjaga elastisitas kulit dan kekuatan kulit. Kandungan Collagent di dalam tubuh akan terus berkurang saat usia menginjak 25 tahun dan apabila kadar collagen di dalam tubuh mencapai setengah dari jumlah semestinya maka kulit akan keriput dan kendor.

  1. Mempertahankan Kekuatan Rambut dan Kuku

Rambut merupakan bagian tubuh yang memiliki akar. Keberadaan collagen mampu menambah kekuatan akar pada rambut sehingga rambut tidak mudah rontok. Selain itu, collagen juga mampu memperkuat kuku tangan dan kaki agar tidak mudah patah. Selain itu, collagen juga mampu menghilangkan bintik-bintik putih yang sering muncul pada kuku.

  1. Memperlancar Peredaran Darah

Dinding pembuluh darah terdiri dari collagen dan bertugas menjaga keelastisitas dinding pembuluh darah. Pembuluh darah yang elastis dan fleksibel akan menjadikan aliran darah menjadi lancar. Pembulu darah yang kaku akan menyebabkan mudah pecah dan mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan lainya.

Makanan yang banyak mengandung collagen antara lain adalah anggur, apel, pepaya, kiwi, wortel ayam, ikan tuna, salmon, dan masih banyak yang lain. Menu makanan seimbang dan bervariasi akan mempermudah tubuh mendapat asupan berbagai macam jenis collagen jika dibandingkan dengan hanya mengkonsumsi sedikit variasi makanan.

Dewasa ini, ternyata sudah ada beberapa produk perawatan kulit yang mengandung collagen juga. Jadi anda bisa mencoba menggunakan produk tersebut untuk membuat kulit anda tampak lebih kencang. Karena fungsi itulah, biasanya collagen banyak ditemui di produk-produk anti penuaan. Normal memang karena ketika proses penuaan terjadi pada anda, anda akan merasakan bahwa kulit anda menjadi tidak elastis lagi. Kulit anda akan menjadi mengendur dan muncul keruput. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung collagen atau menggunakan produk kecantikan yang mengandung collagen, anda bisa menghambat proses penuaan yang terjadi pada kulit anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *