Cara Cepat Mengetahui Nomor Tempat Duduk Kereta Api Untuk Pemula

Kereta api hingga sekarang masih digemari sebagai transportasi jalur darat oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat pihak KAI yang selalu memberikan fasilitas serta kebijakan baru untuk kepentingan dan kenyamanan para penumpang kereta. Salah satu dari fasilitas yang sangat terlihat dan berhasil memudahkan penumpang adalah dengan adanya tiket mudik kereta lebaran yang bisa diperoleh secara online.

Ketika Anda ingin mudik menggunakan kereta, cukuplah pesan tiket mudik kereta lebaran melalui laptop atau smartphone saja. Tak perlu menghadap macet ke statsiun kereta api atau menyebrang jalan untuk pergi ke indomart. Tiket yang dibeli secara online bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, dan oleh siapa saja. Setelah memesan, Anda akan mendapat kode booking, untuk tiketnya sendiri Anda bisa mencetak ketika hari H keberangkatan di stasiun kereta terkait.

Setelah tiket mudik kereta lebaran didapat, lalu bagaimana untuk Anda yang masih bersifat pemula dan belum pernah sama sekali naik kereta? Pasti bingung mencari tempat duduk dengan banyaknya gerbong yang ada pada satu kereta api. Silakan baca artikel berikut hingga selesai.

Jadi, sebagai pemula yang mudik menggunakan kereta api. Simpanlah barang-barang Anda ke dalam tas dengan benar dan aman. Kebanyakan orang selalu membawa handphone atau dompet menggunakan tangannya. Jika sudah sampai di stasiun, sebaiknya masukkan semua barang, satu barang yang harus diluarkan hanya tiket mudik kereta lebaran. lihatlah pada tiket tersebut, Anda mendapat kereta nomor berapa.

Perhatikan juga identitas yang ada di tiket kereta juga telah sesuai dengan kartu identitas punya Anda. karena salah penulisan identitas yang fatal tidak akan diterima oleh pihak kereta api.

Setelah Anda menemukan kereta yang akan membawa Anda mudik, kemudian lihatlah pada badan kereta tersebut yang dekat dengan pintu antar gerbong, tertulis 1-12 bagian depan, 13-24 bagian belakang untuk kereta api kelas ekonomi. 1-6 bagian depan, 7-13 bagian belakang untuk kereta api kelas eksekutif.

Setelah ketemu, carilah nomor yang sesuai dengan nomor tempat duduk Anda. jika sudah ketemu, masuklah ke salah satu gerbong yang pintunya terbuka. Kemudian, ketika sudah sampai di dalam sekarang waktunya mencari angka selanjutnya. Setiap nomor ada 4 macam, contohnya saja nomor kursi 1, maka akan ada 1A, 1B, 1C, dan 1D untuk kereta api bisnis atau ekonomi.

Mengapa harus ada 4 macam? Karena tempat duduk kereta berhadapan dua-dua. Jadi, mau tidak mau memang ada 4 bangku yang saling berhadapan. Carilah tempat duduk Anda dengan nomor yang sesuai pada tiket mudik kereta lebaran. Jika masih awal memang terasa membingungkan, tetapi jika sudah terbiasa, Anda tak akan bingung lagi. Tanyalah kepada petugas jika terdapat masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *